Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013

 Assalaamu'alaikum...
Alahamdulillah, kita sekalian masih diberikan limpahan rahmat dan kasih sayang Allah subhanahu wata'ala. Bagaimana kabar semua? mudah-mudahan senantiasa sehat selalu. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sesuatu yang insya Allah bermanfaat bagi para pengunjung sekalian, sebab kali ini saya akan berbagi sebuah RPP yang sedang dicari oleh para guru bahasa Inggris. Maka saya berharap ini dapat membantu rekan-rekan sekalian untuk bersama-sama mencerdaskan generasi kita. Jika ingin mendownloadnya, silakan klik di sini

Cuplikan:


 Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

a.         Pendahuluan  (10 menit )
·         Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
·         Guru dapat menggunakan kalimat “ Good morning, students”.
·         Pastikan peserta didik menrespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/Sir/Mam
·          Guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama-sama sebuah lagu yang berjudul “ Good Morning”

b.        Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
·        Siswa mengamati contoh ungkapan untuk menyapa orang.
·        Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa orang, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, How are you?
·        Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk merespon sapaan, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, I’m fine, thank you.

Mempertanyakan:
·        Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.

Mengumpulkan informasi/Bereksplorasi:
·        Siswa mencari ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk menyapa orang dari berbagai sumber.
·        Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dari video yang ditayangkan dengan menyebutkan jenis-jenis sapaan yang ada pada video tersebut.
·        Peserta didik menirukan contoh-contoh interaksi tersebut bersama temannya.

Mengasosiasi/menganalisis
·        Berpasangan dengan temannya, siswa mempelajari ungkapan-ungkapan untuk menyapa orang untuk memperoleh informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.
·        Siswa berlatih melafalkan ungkapan sapaan dengan benar dan penuh percaya diri
·        Guru memperbaiki pelafalan yang kurang tepat sampai benar-benar tepat

Mengkomunikasikan
·        Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk menyapa dan merespon ungkapan-ungkapan tersebut berpasangan dengan temannya

RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013

c.         Penutup (10 menit)
·      Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
·      Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
·      Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.


Demikian dari saya. Wassalamu'alaikum


Tidak ada seorang muslim pun yang mendo’akan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama”.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram