RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013
Assalaamu'alaikum...
Alahamdulillah, kita sekalian masih diberikan limpahan rahmat dan kasih sayang Allah subhanahu wata'ala. Bagaimana kabar semua? mudah-mudahan senantiasa sehat selalu. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sesuatu yang insya Allah bermanfaat bagi para pengunjung sekalian, sebab kali ini saya akan berbagi sebuah RPP yang sedang dicari oleh para guru bahasa Inggris. Maka saya berharap ini dapat membantu rekan-rekan sekalian untuk bersama-sama mencerdaskan generasi kita. Jika ingin mendownloadnya, silakan klik di sini
Cuplikan:
Demikian dari saya. Wassalamu'alaikum
Alahamdulillah, kita sekalian masih diberikan limpahan rahmat dan kasih sayang Allah subhanahu wata'ala. Bagaimana kabar semua? mudah-mudahan senantiasa sehat selalu. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sesuatu yang insya Allah bermanfaat bagi para pengunjung sekalian, sebab kali ini saya akan berbagi sebuah RPP yang sedang dicari oleh para guru bahasa Inggris. Maka saya berharap ini dapat membantu rekan-rekan sekalian untuk bersama-sama mencerdaskan generasi kita. Jika ingin mendownloadnya, silakan klik di sini
Cuplikan:
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Pendahuluan (10 menit )
·
Guru menyapa siswa
menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English
environment.
·
Guru dapat menggunakan
kalimat “ Good morning, students”.
·
Pastikan peserta didik
menrespon dengan menjawab kembali “Good
morning, Teacher/Sir/Mam”
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru mengajak peserta
didik untuk bernyanyi bersama-sama sebuah lagu yang berjudul “ Good Morning”
b.
Kegiatan
inti (60 menit)
Mengamati:
·
Siswa mengamati contoh
ungkapan untuk menyapa orang.
·
Siswa berlatih
mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa orang,
seperti: Good morning, good afternoon,
good evening, good night, How are you?
·
Siswa berlatih
mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk merespon sapaan,
seperti: Good morning, good afternoon,
good evening, good night, I’m fine, thank you.
Mempertanyakan:
·
Dengan bimbingan guru,
siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.
Mengumpulkan
informasi/Bereksplorasi:
·
Siswa mencari
ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk menyapa orang dari berbagai sumber.
·
Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dari
video yang ditayangkan dengan menyebutkan jenis-jenis sapaan yang ada pada
video tersebut.
·
Peserta didik menirukan contoh-contoh interaksi tersebut bersama
temannya.
Mengasosiasi/menganalisis
·
Berpasangan dengan temannya,
siswa mempelajari ungkapan-ungkapan untuk menyapa orang untuk memperoleh
informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.
·
Siswa berlatih melafalkan ungkapan sapaan dengan benar dan penuh
percaya diri
·
Guru memperbaiki pelafalan yang kurang tepat sampai benar-benar
tepat
Mengkomunikasikan
·
Melalui berbagai
situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk
menyapa dan merespon ungkapan-ungkapan tersebut berpasangan dengan temannya
c.
Penutup (10 menit)
· Guru
dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari
pada pertemuan ini.
· Guru
mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi
terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
· Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat
kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
·
Guru menjelaskan
rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
Demikian dari saya. Wassalamu'alaikum